Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Gunanya Sebuah Produk Memiliki Identitas : Penjelasan dan Contohnya!

Apa Gunanya Sebuah Produk Memiliki Identitas - Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata brand atau merek? Saya yakin dalam beberapa detik akan muncul di kepala Anda sekian puluh kata atau imajinasi yang muncul yang memiliki kedekatan asosiasi dengan kata brand atau merek. Nama perusahaan besar, korporasi, periklanan, logo, dan sederet asosiasi lainnya akan muncul di benak Anda.

Apa Gunanya Sebuah Produk Memiliki Identitas

Bisa juga Anda mengingat seorang pribadi dengan ciri khas atau keunikan yang dimilikinya, yang membuat orang tersebut mudah diingat, misalnya : lucu atau pintar, cantik, peduli orang lain, dsb. Ini dinamakan personal branding

Branding atau sering juga disebut sebagai brand building banyak dikaitkan dengan upaya sebuah perusahaan untuk membangun image. Image yang dimaksud tentunya harus memiliki manfaat di dalam memberikan sebuah persepsi tertentu yang umumnya bersifat positif. Kekuatan branding yang luar biasa dapat sangat berpengaruh terhadap suksesnya bisnis sebuah perusahaan.

Sering kali Anda meremehkan mengenai masalah identitas produk (desain, bentuk, teknologi, merek, logo, slogan dan bungkus) akan tetapi penampilan produk secara struktural/fisik mempunyai aspek psikologikal yang sangat komunikatif dengan pelanggan/konsumen. Karakter identitas dari suatu produk akan membuat daya tarik, simbol-simbol nilai dan posisi produk. Suatu produk harus mempunyai keunggulan yang kompetitif..

Maksudnya, identitas produk yang spesial harus mempunyai identitas unik akan mendapat posisi tertentu dam mendapatkan kembali posisi produk dalam persaingan. Produk yang bagus akan menciptakan citra produk maupun perusahaan dalam benak setiap pelanggan atau konsumen, misalnya saja seperti Suzuki (contoh produk ada di kolom bawah) yang merupakan mobil mewah tapi awet atau Mercedes yang merupakan mobil mewah dan nyaman dan juga menetapkan relevansi dan kredibilitas Anda di hadapan prospek klien atau konsumen.

Apakah Brand Itu?

Brand lebih dari sekedar logo di kertas surat dan kartu nama bisnis. Brand lebih merupakan identitas korporat Anda. Brand yang efektif akan menggambarkan siapa Anda, apa yang Anda buat dan bagaimana membuatnya, sementara pada saat yang bersamaan juga sesuatu yang tidak kasat mata. Bagaimana bisnis Anda dapat diterima oleh konsumen ? Jika brand Anda memiliki nilai penerimaan yang tinggi, maka Anda dapat menikmati banyak keuntungan dari persaingan. Anda sering melihat bagaimana orang rela merogoh sakunya untuk membeli barang bermerk tertentu meskipun harganya mahal. Nilai yang diterima adalah hasil dari promosi yang efektif sehingga memberikan kesadaran brand yang sangat tinggi.

Mengapa Produk Harus Punya Identitas?

Apabila ada pertanyaan Apa Gunanya Sebuah Produk Memiliki Identitas? Uraian ini akan menjawab pertanyaan tersebut. 

Sebagai ciri khas yang membedakan (differentiation)

Alasan utama menciptakan brand Anda sendiri adalah untuk membedakan diri Anda dengan pesaing. Brand akan membantu konsumen untuk melihat keunikan yang Anda miliki, yang berbeda dengan pesaing Anda.

Website baru mudah sekali ditemukan. Begitu juga dengan usaha rumahan. Anda harus terus mencari cara yang membedakan Anda dengan pesaing. Brand Anda dapat melakukannya untuk Anda.

Pemasaran yang lebih efektif dan efisien

Alasan lain menciptakan brand sendiri adalah untuk sales force Anda (meskipun salah satu tenaga sales itu adalah Anda ) lebih efektif dan lebih efisien. Dengan memiliki Brand yang kuat di pasaran, sales force anda akan lebih mudah dalam memperkenalkan diri Anda, tidak perlu terlalu banyak waktu untuk menjelaskannya

Anda dapat menggunakan 100% waktu Anda untuk fokus pada penjualan daripada mengedukasi prospek mengenai bisnis Anda.

Manfaat lainnya adalah tenaga yang Anda keluarkan untuk meningkatkan kesadaran brand melalui promosi dan memasarkan brand pada pasar secara otomatis mentransfer produk dan jasa Anda. Jadi, sekalipun Anda mengiklankan brand Anda, secara tidak langsung Anda juga memasarkan produk dan jasa.

Demikian ulasan mengenai apa gunanya sebuah produk memiliki identitas, semoga postingan ini bermanfaat untuk Anda semuanya para pembaca yang sedang mencari referensi maupun informasi. 


Posting Komentar untuk "Apa Gunanya Sebuah Produk Memiliki Identitas : Penjelasan dan Contohnya!"